KOSTAN BLOGGER | #4 FASILITAS KOSTAN


                Kemarin Gue udah nulis jenis-jenis kostan, sekarang Gue mau ngasih tau berbagai fasilitas kostan yang bisa kalian gunakan di kostan kalian. Tentu saja semakin lengkap fasilitas maka harga sewa tiap kost juga berbeda.
Fasilitas yang Gue tulis adalah fasilitas satu pake kostan yang ada dan gue ketehui. Gak nutup kemungkinan ada fasilitas lain dari kostan yang gue sebutkan. Fasilitas yang gue sebutkan gue bagi menjadi dua bagian yaitu fasilitas umum dimana itu berlaku untuk semua temen kostan lo atau dengan kata lain ini adalah fasilitas bersama. Yang selanjutnya adalah fasilitas khusus. Fasilitas khusus ini adalah fasilitas yang hanya kalian dapatkan satu paket dengan kamar kostan kalian.
                Sebelum membaca lebih jauh, ada baiknya kalian tahu tipe dan jenis kostan yang dulu pernah gue kasih tau karena postan dibawah banyak kaitannya dengan tipe kostan yang pernah gue tulis. Sekarang kita akan bahas fasilitas umum dahulu :

Fasilitas Umum

1. Dapur

Fasilitas dapur ini berlaku untuk kostan yang tentu saja memiliki dapur. Jenis kostan yang menyatu dengan rumah ibu kost hampir dipastikan memiliki sebuah dapur dan kabar gembiranya kalian bisa menggunakan dapur ini dengan sesuka hati tanpa memikirkan harga bahan bakar memasak. Selanjutnya untuk tipe kostan yang tidak menyatu dengan rumah ibu kost yang memiliki tempat untuk dijadikan dapur biasanya pembelian bahan bakar memasak merupakan uang urunan dari penghuni kostan. Tenang saja, biasanya peralatan memasak sudah disediakan yang punya kost kok.

2. Tempat menjemur

Tempat menjemur pakaian ini menjadi asset yang berharga untuk para kostan ranger. Kalau tempat kalian tidak memili jemuran tentu saja kalian terpaksan menggunakan jasa laundry yang akan merogoh dompet kalian lagi.

3. WC dan kamar mandi

Ini merupakan fasilitas yang sangat vital untuk anak kostan. Sebelum kalian memutuskan untuk kost di tempat tersebut usahakan kalian melihat kamarmandi atau WC nya. Jangan lupa ce juga jumlah anak kostan dan jumlah kamar mandi yang tersedia, tentu kalian gak mau kan kalo tiap hari mesti ngantri mandi? Kalo Gue sih jelas gak mau!.

4. TV

Biasanya beberapa kostan menyediakan TV di sebuah ruang yang bisa dijadikan tempat ngumpul para anak kost.

5. Hotspot

Kostan mewah dilengkapi juga dengan jaringan wifi atau hotspot, atau ada juga beberapa kost yang menyediakan jaringan tersebut dan itu dikelola oleh anak kostan lainnya dan tiap bulannya kita harus membayar sejumlah uang lagi.

6. Tempat Parkir

Tempat parker menjadi sebuah fasilitas wajib dari sebuah kostan yang akan kita pilih. Biasanya hampir semua tempat kost memiliki tempat parker atau tempat penyimpanan motor, namun jika kalian menggunakan mobil kalian akan lumayan kesulitan mencari, apalagi mencari kostan dengan harga yang murah.

Fasilitas khusus

Fasilitas yang akan kalian dapatkan di masing-masing kamar diantaranya :

1. Kosongan + listrik
Kostan kalian ahanya berupa ruangan dan sebuah colokan listrik. Kalau kalian memilih kostan jenis ini kalian harus direpotkan dengan membeli barang-barang yang kalian perlukan seperti lemari, kasur dll.

2. Kasur
Kostan ini hanya menyediakan sebuah ranjang saja.

3. Kasur + Lemari
Tempat kostan ini menyediakan kasur untuk kalian tidur dan lemari tempat menyimpan barang-barang kalian.

4. Meja belajar
Kostan ini menyediakan meja belajar tempat kalian belajar atau melanjutkan pekerjaan kalian di kantor. Meja ini lumayan memebantu karena kita tidak mungkin sengaja membeli meja untuk kosan kita kan?

5. Kamar mandi +WC
Beberapa kamar kostan menyediakan fasilitas kamar mandi di dalam kamar sehingga kalian tidak perlu mengantri atau jauh-jauh pergi ke WC. Kekurangannya kebersihan WC harus kalian jaga sendiri.

6. TV
Jarang sekali kostan yang menyediakan fasilitas ini di tiap kamar.

7. AC
Kostan mewah biasanyanya dilengkapi oleh AC.


Mungkin hanya itu yang bisa gue share. Tentu saja fasilitas kostan akan selalu berkembang seiring meningkatnya persaingan di bisnis kostan ini. Yang terpenting adalah kalian harus mengecek setiap fasilitas yang ditawarkan dan tentu saja sesuaikan dengan dana yang kalian miliki.

KOSTAN BLOGGER | #3 JENIS KAMAR KOSTAN


      Sebenarnya jenis kostan ini sudah pernah sedikit gue singgung di pengalaman kos gue di jogja tapi disini Gue mau coba berbagi jenis dan tipe Kostan yang bisa kalian gunakan sebagai gambaran memilih jenis kostan.
       Jenis kostan disini gue bagi berdasar tipe dari kostan itu sendiri, namun tipe disini bukan dari segi mewah atau sederhananya. Gue membaginya dengan tipe tempat sama fasilitas yang ada di tiap kostan. Jadi pilihlah kostan yang sesuai keinginan kalian. Tentu saja setiap pilihan harus siap kalian pertanggung jawabkan.
Contoh kosan tidak menyatu

        Jadi tipe dan jenis kostan yang berhasil Gue kumpulkan sebagai berikkut :

1. Kamar Kostan menyatu dengan rumah ibu kost

Maksudnya kamar kostan kalian berada di dalam rumah Ibu kost kalian. Kostan ini sama seperti rumah kalian, bedanya ibu dan bapak kalian berubah menjadi ibu dan bapak kost, dan saudara kalian berubah menjadi teman kost kalian. Biasanya kalian mempunyai akses penuh untuk menggunakan peralatan yang ada di rumah, baik itu dapur, ruang keluarga sampai dengan ruang tamu.
Biasanya untuk tipe kostan ini jumlah dari yang ngekost hanya sedikit bisa antara 2-4 orang saja. Tentu saja dengan kost seperti ini kalian akan meresa berada di rumah kalian sendiri, dengan jam malam dan tentu saja kontrol langsung dari Ibu kost. Kelebihan dari kost tipe ini adalah kalian bisa menggunakan fasilitas yang ada di rumah, kalian bisa lebih diperhatikan orang dewasa sebagai pengganti orang tua kalian, peluang kalian melakukan hal yang “menyeleweng” akan semakin sedikit.
Kekurangan dari tipe kostan ini adalah kalian mungkin akan merasa canggung harus berinteraksi dengan yang punya kostan, Kalian tidak bisa pulang malam untuk mengerjakan tugas,  Kalian akan di interogasi kalau nginep di luar. Yang paling terasa adalah ketika di kostan ini kalian tidak bisa pulang malam, kalaupun bisa tentu saja kalian akan merasa canggung kepada yang punya rumah.

2. Kamar Kostan Tidak Menyatu dengan Rumah Ibu Kost

Jadi tipe kostan ini adalah tipe kostan yang berdiri sendiri, dimana kalian akan memiliki akses langsung ke luar tanpa harus melewati dan masuk ke rumah ibu kost. Anak Kostan diberikan sebuah kunci kamarnya masing-masing. Biasanya untuk tipe ini anak kostannya bisa dari 4-belasan, lumayan banyak bukan? Tapi tenang, jumlah fasilitas seperti WC menyesuaikan dengan jumlah anak kostan kok. Tipe ini biasanya dibagi menjadi beberapa tipe lagi, ada yang mempunyai jam malam dan ada yang tidak mempunyai jam malam. Biasanya kost putri yang tipe ini memiliki seorang penjaga dimana mengatur jam malam penghuni kostan.
Kelebihan kostan tipe ini adalah kita lebih leluasa dan untuk jam malam tergantung jenis kostannya, namun tentu saja ketika kita menginap di teman kita tidak ada orang yang menginterogasi. Kekurangan dari tipe kost ini adalah, perhatian yang kurang dari orang dewasa, fasilitas seadanya, mengantir kamar mandi menjadi hal yang lumrah, dan atau kalian terkadang harus menghadapi teman kost yang selalu berisik dan lain-lain.  Kekurangan yang lainnya adalah kostan ini cendrung rawan maling.

3. Asrama

Asrama ini biasanya lebih teratur. Bentuk asrama ini bisa merupakan program kampus atau kalian sendiri yang memilih. Pondok pesantren masuk ke tipe kostan jenis ini. Biasanya di kostan jenis ini ada kegiatan tambahan yang bisa kalian dapatkan. Misalnya asarama kampus akan mengadakan outbond setiap bulan, atau di pondok kalian akan mendapatkan ilmu yang lebih.

4. Paviliun

Paviliun ini percis seperti kostan yang tidak menyatu dengan ibu kost. Paviliun merupakan sebuah bangunan seperti rumah namun setelah masuk disana hanya ada kumpulan kamar dengan sebuah ruang tengah. Untuk tipe kostan ini cenderung lebih bebas dan lebih aman karena kamar kost kita berada di dalam sebuah bangunan dan tidak kontak langsung dengan lingkungan luar.

5. Kost bebas terbatas

Maksud dari tipe ini adalah kalian diberikan kebebasan namun tetap ada batasan yang harus kalian patuhi. Misalnya jam malam kalian bebas, namun kalian tidak boleh memasuka teman beda jenis ke dalam kamar. Kost jenis ini biasanya adalah bagian dari kost yang tidak menyatu dengan ibu kost. Jadi sebelum kalian memilih kost, Tanya dulu peraturan yang ada di kost tersebut. Berabe juga kan ketika kalian akan kerja kelompok dan di kelompok kalian ada yang beda jenis kelaminya.

6. Kost Bebas

Kost bebas adalah kost yang lumayan banyak dicari anak kostan, biasanya kost bebas ini campuran antara kost putra dan putri, ada juga yang tidak campur. Kostan ini memberikan akses kepada lawan jenis bisa masuk ke dalam kamar. Namun tentu saja kita harus mentaati norma yang ada, minimal ketika lawan jenis ada di kamar pintu kita buka kan.

Mungkin itu jenis kost yang bisa Gue share. Jenis apapun yang kalian pilih yang terpenting adalah tanggung jawab kalian dari setiap pilihan yang kalian ambil.

 

KKN Ranger | Cara Menggalang dan Mencari Dana untuk KKN


      Dulu gue sempet cerita tentang Kuliah Kerja Nyata (KKN). Di Kampus Gue sendiri kegiatan KKN ini merupakan kewajiban untuk semua mahasiswa jenjang S1, jadi mau gak mau ya harus mau!. Kalo mau tau lebih jauh seputar KKN dari sejarahnya sampai dengan bentuk kegiatan, kalian bisa mengecek di postingan Gue tentang KKN itu… .
       Sebagai Mahasiswa yang sudah KKN, Gue mau berbagi mengenai cara menggalang dana untuk KKN. Sebenernya KKN Gue udah satu tahun yang lalu sih, tapi kemarin pas Gue jalan-jalan ke Sunday Morning di deket kampus Gue, Gue lihat banyak mahasiswa yang berjualan baju bekas dan tentu saja mereka adalah para KKN Ranger yang berusaha menggalang dana untuk KKN mereka dan tentu saja untuk pengabdian mereka ke Desa tempat KKN.
      Jadi yang harus kalian tahu kampus Gue merupakan kampus yang cukup besar dimana satu periode KKN antar semester bisa mengirimkan 6000 lebih peserta KKN yang disebar ke seluruh penjuru Indonesia. Gue sendiri dulu KKN di Pulau Bawean. Temen Gue ada yang di Sulawesi, Lombok, papua, NTT, Bali da nada juga yang di pulau-pulau terluar Indonesia, luar biasa bukan? Walaupun ada sebagian mahasiswa yang awalnya ogah-ogahan namun pas kegiatannya dia yang paling gak bisa nahan air mata buat ninggalin tempat KKN.
        Oke kita bahas lagi cerita yang menggalang dana. Jika kalian adalah para KKN Ranger tentu saja kalian akan melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan dana sebanyak-banyaknya apalagi kegiatan KKN yang jauh sangat menguras isi dompet jika memang memakai uang sendiri, oleh karena itu KKN Ranger harus berusaha untuk mencari dana agar program besar yang direncanakan di tempat KKN bisa berjalan dengan baik. Adapun cara untuk mendapatkan dana dalam melaksanakan KKN diantaranya :

1. Pengajuan ke DIKTI

         Sebenarnya hal ini di fasilitasi oleh kampus Gue sih. Beberapa proposal yang masuk kriteria bisa di danai oleh pemerintah. Dana yang turun tidak menutup semua kebutuhan kegiatan KKN, paling cuman untuk ongkos ke tempat KKN. Eiit… walau Cuma ongkos doang tapi coba kalian pikir, kalo kalian KKN di Papua berapa ongkos yang harus kalian keluarkan? Dan dikali jumllah teman Grup KKN kalian? Cukup besar kan?.
     Penggunaan dana dari DIKTI ini lumayan ketat. Kita dituntut untuk membuat laporan yang lumayan cukup detil untuk mempertanggung jawabkan setiap pengeluaran yang ada. Jangan takut, kalian pasti bisa kok!

2. Pengajuan ke Pemerintah Setempat

    Ini bukan berarti serta merta kalian minta uang e pemerintah setempat, namun tentu saja tiap pemerintah setempat punya program-program yang telah mereka anggarkan. Nah.. disana kita sebagai pelaksana dari program pemerintah setempat tersebut, namun tentu saja program itu harus berkaitan dengan tema yang kita ambil.
     Biasanya untuk pengajuan ini, kita harus bertemu langsung dengan pihak pemerintah setempat dan tak jarang juga kita disuruh untuk mempresentasikan program yang akan kita lakukan di daerah pemerintahannya. Dalam bagian ini tentu saja kalian harus merogoh isi dompet dahulu untuk ongkos teman kita yang akan berangkat untuk bertemu pemerintah setempat.

3. Ajakan Kerjasama dengan berbagai perusahaan

      Biasanya dana yang lumayan banyak akan kalian dapatkan di bagian sponsorship dengan perusahaan-perusahaan baik itu nasional ataupun multinasional. Dari sponsorship ini kita bisa mendapatkan bantuan berupa fresh money atau berbentuk barang. Saran untuk sponsorship ini hindari sponsorship yang menjalin kerjasama dengan cara menjual ribuan produk mereka. Contohnya adalah dari perusahaan provider kita harus menjual seribu produk mereka dan kita akan mendapatkan sejumlah uang. Bentuk kerjasama seperti itu akan menghabiskan waktu kita!. Ingat, waktu kita akan lebih bermanfaat untuk memikirkan program dan bukan memikirkan target terjualnya ribuan produk sebuah perusahaan, tapi hal ini dikembalikan lagi pada kalian sih.
      Tawaran kerjasama ini bisa kalian masukan ke perusahaan-perusahaan lokal, contohnya perusahaan konveksi di kota kalian, tentu saja ini akan menekan biaya dalam pembuatan kaos kalian bukan? Ya walaupun perusahaan lokal jarang ada yang memberi banyak sih, tapi ya lumayanlah.

4. Jual Makanan

         Oke kita lihat jumlah tim KKN kalian. Jika satu tim kalian berjumlah 30 orang maka tim kalian akan menjadi penjual yang tangguh!. Kelas kuliah adalah tempat paling strategis untuk menjual makanan. Para Mahasiswa yang (kelaparan) akan mencari apappun yang bisa di makan dan (membayar) berapapun harganya (kayaknya yang ini engga). Jika satu orang dari tim menjual 20 buah makanan seperti siomay atau donat dengan analogy penjualan 1 donat mendapatkan Rp 500 , maka tiap anak di tim kalian setidaknya mendapatkan 10K. jadi total pendapatan Tim KKN kalian bisa mencapai 10k x 30 = 300K , lumayan bukan? Dan tentu saja pada kenyataannya tiap orang bisa mendapatkan lebih dari 10 K sehari.
        Menjual makanan ini bisa dilakukan dengan cara reseller yaitu kalian beli dari produsen dan menjualnya lagi, atau kalian membuat sendiri makanan yang akan kalian jual. Memang dengan membuat sendiri produk kalian akan ebih untuk, tapi ingat men kalian itu mahasiswa, ada kewajiban kalian yang lebih penting dibading membuat makanan untuk dijual (lirik ke daftar tugas).
         Tempa menjual makanan paling strategis adalah kelas, yang selanjutnya adalah kampus saat sore dan malam hari dimana para pejuang IPK sedang mengerjakan tugas, dan yang terakhir adalah tempat kaya Sunday Morning UGM dimana terjadi pasar tumpah yang pendapatan jualannya bisa sampe tumpeh-tumpeh.

5. Jual Baju Bekas

        Bagian ini selalu menjadi favorit para KKN Ranger (atau Cuma di tim saya dulu ya?).  Biasanya para mahasiswa akan mengumpulkan layak pakai mereka untuk dijual kembali di tempat seperti Sunday Morning atau pasar tumpah lainnya. Tentu saja baju yang dikumpulkan masih bagus-bagus, apalagi biasanya para mahasiswa (kaya) akan menjual baju yang Gue rasa itu sekelas baju terbaik Gue (tapi gak juga deh). Baju bekas dan layak pakai ini di bandrol antara 20k-5k per potong.
      Untuk menjual baju bekas ini yang harus kalian lakukan adalah mengumpulkan baju bekas dari tim KKN kalian, Melipatnya, Mencari peralatan untuk jualan, melabeli harganya, membuat daftar jaga. Peralatan yang kalian butuhkan antara lain, alas untuk berjualan, gantungan baju, plang untuk menarik calon pembeli, dan tentu saja senyuman yang menarik.
      Untuk berjualan sendiri, kalian tidak harus berkumpul satu tim sekaligus. Kalian bisa membuat jadwal perminggu sehingga orang yang datang di tempat kalian jualan tidak terlalu banyak. Tips dalam membuat jadwalnya adalah menempatkan orang cantik di setiap jadwal mingguan, hehehe. Untuk mendapatkan tempatnya kalian biasanya harus sudah siap pagi-pagi buta untuk menandai tempat kalian. Pendapatan yang diperoleh dari setiap pasar tumpah biasanya sekitar 200-700k.

6. Menjual Jasa

      Menjual jasa ini bisa berupa jasa pembuatan logo KKN, jasa konveksi dll. Kalo yang ini pasti kalian udah tau sendiri lah. Intinya manfaatkan segala keahlian tim kalian dan jika kalian bia memanfaatkannya tentu saja berbagai peluang akan muncul dengan sendirinya.


    Sebagai penutup tulisan ini, yang harus kalian sadari adalah KKN itu merupakan sebuah pengabdian, bukan masalah uang yang harus kalian dapat. Jadi berapapun uang yang kalian peroleh maka laksanakanlah KKN itu dengan penuh tanggung jawab dan tentu saja dengan rasa kasih saying karena kalian akan mendapatkan banyak hal disana. Ilmu yang akan kalian peroleh mungkin belum pernah kalian dapatkan di kelas. Selamat KKN ya….

Samudra Hindia akan Membawa Kabar Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia


Kali ini kita akan bahas kembali tentang “ide besar” Presiden kita Bapak Jokowi tentang menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Sebenarnya dulu sempat bahas mengenai Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan judul tantangan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, namun tidak ada salahnya kita mengulas kembali tentang hal tersebut.
Di postingan kali ini kita akan sama-sama mencari tahu kaitan dari “menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia” dalam kaitannya  posisi Indonesia dengan samudra hindia. Sebenarnya lagi-lagi saya sempat membahas sedikit terkait letak strategis Indonesia di postingan terdahulu yang berjudul “Tantangan Menjadikan Indonesia Sebagai poros maritim dunia”. Di artikel terdahulu saya menampilkan keuntungan posisi dari Indonesia, baik itu secara geopolitik atau geoekonomi. Di postingan kali ini kita akan fokuskan di geopolitik dan geoekonominya.
“Kenapa harus samudra hindia?”
“ Karena tugasnya ya seperti itu.”
Catatan: Dalam postingan kali ini kita menggunakan bahasa yang santai dan (tidak) mudah dimengerti.
Sebelum kalian membaca lebih jauh, ada baiknya kalian membaca post “Tantangan Menjadikan Indonesia Sebagai poros maritim dunia”. Di dalam artikel/post tersebut dituliskan lima buah pilar Indonesia sebagai poros maritim dunia. Bisa kita lihat bahwa didalam lima pilar itu mengandung unsur politik dimana mengatur hubungan antar negara dan ekonomi dimana menjelaskan peningkatan mutu atau kualitas perekonomian khususnya wilayah pesisir dengan membangun fasilitas dan infrastruktur yang bisa membantu menignkatan perrekonomian.
Saya memfokuskan pilar Indonesia sebagai poros mariti dunia dalam dua hal pokok yang tentu saja erat kaitannya dengan posisi Indonesia, yaitu geopolitik dan geoekonomi.
“Indonesia secara geopolitik maupun geoekonomi merupakan sebuah negara yang memungkinkan menjadi negara besar. Letak Indonesia begitu strategis dimana Indonesia di apit oleh dua samudra dan dua benua menyebabkan Indonesia menjadi negara yang diperhitungkan oleh negara-negara lainnya. Selain itu karena letak Indonesia, menyebabkan Indonesia menjadi negara yang digunakan dalam berlalu lalang proses ekonomi sehingga peluang kerja sama semakin besar dan hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan Rakyat Indonesia.” (Ray-id.com , 2015)
Salah satu benua yang berbatasan langusng dengan Indonesia adalah benua hindia.  Secara geopolitik dan geoekonomi Indonesia sudah bisa memanfaatkan hal tersebut dengan cukup baik. Dalam hal geopolitik Indonesia tergabung dalam INDIAN OCEAN RIM ASSOCIATION (IORA) yang merupakan sebuah bentuk kerja sama multirateral antara negara-negara di kawasan samudra hindia. Untuk pemanfaatan Geoekonomi samudra hindia menjadi jalur lalu lintas laut kapal kargo dan container sehingga hal tersebut memudahkan pengiriman dalam bentuk kerjasama antar negara  yang berada diwiliyah smaudra hindia khusunya Indonesia.
Seperti yang tadi telah dikatakan bahwa Indonesia tergabung dalam INDIAN OCEAN RIM ASSOCIATION (IORA) dimana beberapa negara di kawasan samudra hindia memiliki sebuah bentuk kerjasama bilateral maupun multirateral. IORA didirikan pada Maret 2013. Pada awal pendiriannya IORA bernama bernama Indian Ocean Rim Initiative dan Indian Ocean Rim Association for Regional Cooperation (IOR-ARC). Indonesia sendiri bergabung dengan IORA pada 7 maret 1997.Indonesia dipercaya untuk menjadi Ketua IORA periode 2015-2019. Fokus IORA adalah pada Keamanan dan keselamatan maritim, fasilitasi perdagangan dan investasi, manajemen perikanan, penanganan bencana alam, kerjasama akademisi dan IPTEK, serta promosi pariwisata dan pertukaran budaya. Saat ini IORA beranggotakan 20 negara yang terdiri dari : Australia, Bangladesh, Indonesia, India, Comoros, Seychelles, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mosambik, Oman, Singapore, Afrika Selatan, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, Uni Emirat Arab, dan Yaman.
Selain masalah hubungan diplomatic dengan negara kawasan samudra Hindia, Indonesia juga berpeluang menjadikan samudra hindia sebagai “jalan besar” untuk kapal-kapal kargo dan container berlayar dimana kapal-kapal tersebut mengangkut produk ke negara tujuan. Akses yang sangat mudah tersebut memungkinkan Indonesia untuk menjalin kerjasama di bidang ekonomi dengan negara-negara kawasan Samudra Hindia. Lalu lintas kapal di samudra hindia selalu mengalami peningkatan dan hal tersebut akan semakin baik untuk negara kawasan samudra hindia khususnya Indonesia.
Geoekonomi dan geopolitik yang baik tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Terkait posisi Indonesia dengan samudra hindia kita telah tau peluang yang bisa Indonesia dapatkan. Hal yang harus dilakukan Indonesia adalah memanfaatkan peluang yang ada khususnya untuk mencapai tujuan Indonesia sebagai negara poros maritim dunia. Letak Indonesia yang berbatasan langsung dengan samudra hindia akan mempercepat terciptanya Indonesia sebagai poros maritim dunia dimana Indonesia telah menjalin kerjasama dengan negara kawasan samudra hindia baik di bidang politik maupun ekonomi dan hal tersebut tentu saja sejalan dengan Lima Pilar menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.